Sobat travelling jika anda berkunjung ke Jombang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi pernik kerajinan kuningan khas Jombang
Usaha pengecoran kuningan sudah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat di Desa Mojotrisno Kecamatan Mojoagung, namun pada saat itu jenis produknya terbatas hanya sebagai kebutuhan rumah tangga saja misal : tempat kinangan, belanga, dsb. Kemudian pada Tahun 70 -an masyarakat telah melakukan pengembangan usaha dengan membuat produk-produk yang lebih banyak jenisnya contoh tempat cetakan kue, bel sapi dan patung-patung budha serta jenis patung hewan.
Penggunaan teknologi dalam proses produksi pengecoran kuningan sampai saat ini masih bersifat sederhana, sebab penggunaan mesin maupun peralatan modern tidak ada. proses peleburan bahan baku masih menggunakan kayu bakar, sedanghkan untuk pencetakan menggunakan semen dan lilin. Kemudian untuk pengeringan cukup dipanaskan dengan sinar matahari, namun demikian hal tersebut merupakan suatu ciri khas tersendiri bagi pengrajin.
Perajin menghaluskan patung cor kuningan di Mojotrisno, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur, Untuk menghemat bahan baku usaha ini menggunakan bahan bekas seperti bekas peluru, potongan-potongan kuningan dan bekas kran air yang didapat darj pengepul dengan harga Rp. 45.000 hingga Rp. 55.000. ANTARA FOTO/Syaiful Arif/Asf/pd/14.

Perkembangan selanjutnya dimulai Tahun 1986, dimana pengrajin sudah berfikir kearah yang lebih maju dan inovatif, yaitu dengan membuat desain produk-produk baik itu corak maupun teknik pewarnaan yang diminati oleh masyarakat baik dalam maupun luar negeri. Lokasi dari usaha kecil cor kuningan di Desa Mojotrisno Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, dilihat dari letaknya adalah sangat strategis karena lokasi usaha berada dijalur transportasi, sehingga mudah dijangkau baik dengan kendaraan umum maupun pribadi. coba simak video youtube yang diunggah oleh yuli setyasukmawati berikut ini
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Post A Comment:

0 comments: